Rabu, 12 Januari 2011

jenguk temen yang sakit

hari ini bener-bener amazing banget buat gua. gua nemuin banyak hal yang bisa jadi pembelajaran buat gua. mungkin buat yang baca juga (kalo tergerak hatinya).




sekarang-sekarang ini, gak tau kenapa lagi musimnya anak-anak sekolah pada kena tipes kali ya. bayangin aja, temen sekelas gua, ada yang sembuh satu dari tipes, eh besoknya ada lagi yang kena tipes. yang kena tipes belom sembuh, ada lagi yang nyusul masuk rumah sakit gara-gara tipes.
kalo di itung-itung, ada kali tuh empat orangan yang berentet sakit tipes. sisanya, yaa baru gejala-gelaja aja kayaknya *astagfirullah.

tapi tadi, hari ini. gua sama temen sekelas gua jenguk temen gua yang bernama I ke rumahnya. doi sakit tipes. 
abis sekolah bubar, kita-kita pada ngumpul nih di ruang piket. nah, gua (biasa~) nebeng sama temen gua si A. sebelum ke rumah si ica. rencananya kita berempat (yang jenguk bareng gua ada empat orang nih termasuk gua), mau beli buah tangan dulu buat si i. 2 orang temen gua mutusin buat bawain buah-buahan aja.
okelah, gua sama si A yang notabene gua tebengin setuju-setuju aja buah. tapi, waktu sampe tempat tukang buahnya kok, gua sama si A kurang sreg ya sama buah-buahannya. bayangin aja, buah-buahannya pada layu begitu. kalo ibu-ibu yang ngliat ya pasti bakal bilang gini ke suaminya, 'pak, cari tukang buah yang lain aja deh. yang ini buahnya kurang bagus.' -> *(maklumlah, kita-kitakan calon ibu-ibu, jadi tau yang mana makanan yang oke ahahaha zzz -.-). akhirnya, gua sama si A mutusin buat beli jus guava sama roti sobek di alfamart yang gak jauh dari tukang buah itu.

nah, pas di dalem alfamart. gua sempet ngeliat tuh temen gua yang 2 orang tadi ngajakin beli buah, mukanya empet banget. sebenernya sih, yang satu setuju-setuju aja kalo misalnya di beliin jus. tapi yang satu lagi tuh. ya ampuuun deh tolooooong~ mukanya gak ngenakin banget. karena gua sama si A gak enak sama si yang mukanya 'gak ngenakin banget' (sama yg muka empet juga sih), akhirnya gua sama si A mutusin nyuruh mereka berdua beli buah-buahan. nah, jus sama rotinya gua sama si A yang patungan.
lucu ya, pas ketemu tukang buah, muka mereka *(terutama si muka 'gak ngenakin banget' itu) yang tadinya bener-bener empeeeeeeeeeeet banget!! langsung berubah seketika jadi ranger kuning (LHO?! SALAH!) langsung berubah jadi berseri-seri bangeeeet. ih waw gilaaa! cepet banget berubahnya. gua sama si A cuma bisa ketawa senyam-senyum ckckck

kesimpulannya sih: SUBHANNALLAH banget. hari ini gua dapet banyak pembelajaran. yang..

pertama, masing-masing orang itu punya sifat unik-unik yang harus kita hargain.

kedua, kalau pendapat atau kemauan kita gak sejalan dengan realita, jangan egois maunya kemauan atau keinginan kita terpenuhi, kalau gak terpenuhi terus kita ngambek muka ditekuk, bibir manyuun, idung kembang kempis, mata nyipit tajem. kalau udah terpenuhi baru deh badmoodnya ilang.

ketiga, jadi orang yang ekspresif itu baik. tapi lebih baik ekspresifnya yang bikin orang sekitar kita tenang-senang-tidak menjadi pikiran. supaya damai dan saling menghormati, sebaiknya jangan nunjukin ekspresif yang memicu kekesalan orang sekitar atau rasa tidak enak. ya kayak, karena gak sejalan langsung cembetut. padahal bisakan ngajuin pendapat dgn jujur terus cari solusinya bareng-bareng ^^ jadi biar semuanya sama-sama enak hehe

keempat, jangan bersikap egois dan harus bisa menempatkan diri di situasi apapun. misalnya, karena dulunya pernah jadi anak kesayang a.k.a yang paling dimanja orangtua, setiap apa-apa di-oke-in sama orangtua. giliran temen bercanda ngecengin atau gak selau dikit, langsung deh cemberut muka di tekuk.

kelima, gak boleh iri sama satu sama lain. karena masing-masing punya nilai positif tersendiri dan nilai negatif tersendiri.

keenam, harus bisa jadi pribadi yang selalu bisa tersenyum dalam keadaan apapun, dan sama siapapun walaupun timingnya lagi bad banget.

masih banyak lagi sih, tapi ...
yang paling penting dari semuanya. harus saling menghargai dan menghormati keunikan masing-masing.



jujur, gua kadang (baik sengaja atau gak sengaja) suka kurang nghargain dan nghormatin orang lain. kadang juga karena rasa pengen tau gua tinggi, gua jadi egois pengen tau semuanya. padahal, setiap kejadian pasti punya alesan tersendiri yang kadang kita gak perlu tau alesan itu apa, demi kebaikan kita.
tanpa gua sadarin juga gua mungkin pernah terlalu ekspresif sampe akhirnya ngebuat orang ngerasa gak enak atau jadi kesel sama gua. masih banyak banget kekurangan gua T.T hiks

yaaaah, pokoknya hari ini banyak kejadian yang bisa gua jadiin cerminan buat diri gua sendiri supaya gua bisa jadi pribadi yang lebih baik :)

makasih ya I, gara-gara jengukin lu gua jadi dapet banyak pembelajaran. hehehe berkah banget hari ini ..
semoga cepet sembuh ya I.
gua lupa. pengen bawain susu beruang buat lu T.T hiks pikun gua masih suka kumat-kumatan T.T
nanti susu beruangnya menyusul I.

1 cuap cuap pembaca:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar