Senin, 06 Desember 2010

belajar Agama bareng Bpk. Iwan Purwana :D

ini cerita sebenernya udah lama banget sih haha waktu gua kelas XI kejadiannya.

jadikan pada suatu pagi di pelajaran agama. kebetulan guru agama kelas gue lagi naik haji :)
nah. digantiinlah sama guru agama pengganti. tadinya gue maleeees banget buat blajar. pas gurunya ngomong, gue mainan hape sm ngerjain tugas b.indonesia bikin surat resmi.

itu guru lagi ngebahas tentang "do'a dan ikhtiar".
awalnya gue emang sama sekali gak merhatiin. males-malesan banget deh merhatiinnya. sampe akhirnya pas itu guru laga narsis sendiri ngelawak gitu, hapenya bunyi. Ya Allah ternyata tuh guru baru dapet kabar anaknya yang masih kecil kepleset di kamar mandi terus kepalanya dijahit 3 jahitan T.T hiiyyy ~..

karena simpati, gue ngederin omongan tuh guru tentang do'a dan ikhtiar. awalnya males-malesan dengerinnya. sampe akhirnya, itu guru mulai nyebutin kata-kata yang bikin gue jadi merhatiin serius. kata-kata itu adalah:

  1. pesimisme
  2. putus asa
  3. stres
  4. DEPRESI @.@,
  5. nekat
  6. percaya
  7. harapan
DEG! kebtulan hari ini gue emang lagi bener-bener depres. dan ke 7 kata-kata itu beneran ngena di gue! GOKIL!
akhirnya gue dengerinlah bahasan dari si guru.

Pak Guru: iyaa anak-anak. kita itu hidup harus optimis. gak boleh pesimis. kalau kita pesimis, lama-lama kita akan down. lalu ptus asa. nah, kalau kita udah putus asa, kita mulai banyak ngeluh, stres malah yang lebih parahnya lagi jadi depresi, lalu berbuat nekat. dan itu sangat tidak baik.

DEG! ngena banget gan di gue. yzng dia omongin szma apa yzng gue rasain. mean -> gue lagi down - putus asa - stress - depres dan hampir pengen nekat -______-, tapi gue mikir juga.

terus beliau bilang lagi:


Pak Guru: Allah swt. gak pernah ngasih cobaan diatas daya kita. apabila itu terjadi, kalian sebaiknya berdo'a - ikhtiar - tawakal. jangan kalo misalnya kalian ada masalah keluarga terus kalian jadi depresi terus kalian minum baygon. terus contoh lain kalian ada masalah sama temen terus kalian gantung diri.

nah, tarus dalem hati gue ngedumel ..

'klo saya mah depres bukan gara-gara itu pak'

selesai ngedumel. si guru bilang lagi:

Pak Guru: terlebih lagi karena diputusin pacar. diputusin pacar terus depresi abis itu mau nekat. gak boleh itu yang seperti itu! bapak gak mau denger kabar anak SMA 90 ada yang bunuh diri gara-gara depresi diputusin pacarnya.

DEG! gue langsung kaget. esseeeeh. langsung serius bangetlah tuh gue dengerinnya.

si guru ngomong lagi.
tiba-tiba ngomongin soal takdir. qada = planning Allah swt. qadar = ukuran-ukuran dari Allah swt. takdir = hasil dari planning Allah swt.

terus beliau bilang takdir ada 2:
  1. yang bener-bener ketetapan Allah swt
  2. sama takdir yang mungkin masih bisa dirubah dengan do'a dan ikhtiar. 
ngedumel lagilah gue dalem hati, 'tapi pak saya pengen ngerubah takdir saya :( saya pengen balik lagi ke masa lalu. saya gak akan ngulangin kesalahan saya lagi'

baru selesai ngedumel, si guru ngomong lagi:

Pak Guru: contoh takdir atas ketetapan Allah swt adalah kejadian yang sudah berlalu. itu takdir dan gak mungkin terulang lagi.

DEG! ngena lg cooy di gue.

terus gue ngedumel lagi:
'terus kenapa jadi gini. sama aja hopelesskan :'(

eh si guru ngomong lagi:

Pak Guru: nah, tapi kalian tidak boleh hopeless ya. tapi kalaupun berharap, berharapnya yang realistis juga. kalian boleh punya harapan tinggi-tinggi, tapi kalian juga harus tetap realistis. kalo gak realistis, yang ada kalian malah ngehayal terus.

DEG! ngena LAGI! dan gue ngedumel lagi dalam hati:
'tapi rasanya sekarang susaah deh buat percaya sama apapuun kcuali Allah swt.'

guru gue ngelanjutin omongannya lagi:

Pak Guru: tau ga anak-anak, sebenernya hidup itu adalah kepercayaan loh. dalam hidup kita harus percaya. percaya qada dan qadar. takdir. bla bla bla .. 
*gue lupa si guru ngomong apalagi*

intinya beliau bilang hidup itu kepercayaan. kalo kita gak percaya, hidup kita gak akan maju, kita bakal tetep stak di sana. tanpa percaya, kita gak akan berkembang dan terus terjebak di masa lalu aja. makanya percaya itu sangat perlu dalam hidup.


DEG!! SUMPAAAAHH ..
gue yang jadi speechless. dan mikir sendiri. 'ini guru knpa ktaktanya ngena smua di gue'. karena gue emang lagi gak bisa percaya apa-apa atau percaya siapa-siapa. tapi gue mikirin juga kata-kata guru gue emang betul banget.

karena ngena semua di gue. makin seriuslah gue dengerin si guru.

si guru bilang lagi:
Pak Guru: anak-anak, sebenarnya Allah swt. itu dekat sekali dengan kita. bahkan kalian pernah dengarkan, Allah swt. sangat dekat dengan kita bahkan lebih dekat dari urat leher atau urat nadi kita.

gue ngangguk-nggangguk tanda setuju. tapi gue ngedumel lagi dalem hati:
'iya betul pak. tapi suka bingung, kalo Allah swt. sebenernya deket banget, kenapa kadang kita suka ngerasa kalo Allah swt. itu jauh?'

baru selesai ngedumel gitu di dalem hati. si guru ngomong lagi:

Pak Guru: walaupun dekat sekali dengan kita. tapi kenapa kita tidak bisa melihat Allah swt?  itu karena Allah swt. amat sangat berbeda. Ia merupakan zat yang sangat mulia. sehingga tak ada satupun yang bisa melihat-Nya. percaya deh anak-anak, dengan kita percaya dan menyadari kita dekat dengan Allah swt. segala urusan kita pasti akan lancar semuanya. amin. tapi yang menjadi pertanyaan, kenapa kadang kita suka merasa bahwa Allah swt. itu jauh sekali dari kita?

jaaaaah. ajaib bener! gue mulai sadar akhirnya. tiap omongan yg gue dumelin di dalem hati dijawab mulu sama tuh guru @.@ heran! tapi SUBHANALLAH banget.

terus si guru ngelanjutin kata-katanya lagi:

Pak Guru: mengapa demikian? oke, kita ibaratkan hati kita itu sebuah kaca, dan Allah swt. adalah sebuah cahaya. bagi orang yang telah merasa dekat dengan Allah swt. hatinya telah tertembus oleh Allah swt. jadi Allah swt. itu ibarat sebuah cahaya. cahaya bisa menembus apapun baik itu kotor atau bersih. nah, ibarat hati kita kaca, bagi yang merasa dekat, cahaya tersebut tembus ke dalam kaca. tapi bagaimana yang merasa jauh? merasa jauh karena hatinya kotor. dapat diibaratkan sebuah kaca yang kotor berdebu, cahaya akan tetap tembus ke dalam kaca tsb tapi hanya redup saja tembusnya. itulah kenapa kita merasa jauh. karena cahayanya hanya sedikit yang masuk ke dalam hati kita. ibaratnya debu itu adalah dosa-dosa kita selama ini. jadi itulah mengapa kita sering merasa jauh dari Allah swt.

gue melotot. mulai mikir. Ya Allah.. dosa saya banyak banget sampe saya ngerasa jauh sekali sama Allah swt.

terus si guru ngelanjutin lagi omongannya..

Pak Guru: anak-anak, pertolongan dari Allah swt. akan sangat terasa ketika kita sedang menghadapi cobaan yang diberikan-Nya ..

SUBHANALLAH. mikirlah gue. guru gue bener, pas gue lagi dapet cobaan. SUBHANALLAH pertolongan Allah swt. memang terasaaa bangeeett Ya Allah ..

terus dalem hati gue ngoceh lagi.
'terus biar bisa ngerasa deket sama Allah swt. gimana pak caranyaa? :( Ya Allah ..'
selesai ngedumel, si guru ngomong:

Pak Guru: nah sekarang gini. gimana caranya biar selalu ngerasa deket sama Allah swt.? ya kita harus membersihkan hati kita. ibaratnya debu yang menempel di kaca itu perlahan kita bersihkan. caranya dengan memperbanyak amal baik, melaksanakan kewajiban dan aturan-aturan dalam agama. jika kaca tsb telah bersih, maka cahaya yang menembus kaca tsb akan lebih banyak dan jelas. dan pada saat itu, kalian akan merasa dekaat sekali dengan Allah swt.


gue speechless!
Ya Allah. SUBHANALLAH bangeeet! setiap kata-kata tuh guru agama ngenaaa banget! sesuai pula sama yang gue rasain dan bikin gue mikir juga.

tapi yang bikin gue bener-bener SUBHANALLAH BANGEET ..
YA ALLAH, tiap kali gue ngedumel dalem hati dia selalu ngomong jawaban dari dumelan gue itu.
jadi kyk ada telepati gitulah.


arrgghh paraah! subhanallah banget.
di situ gue mulai sadar dan ngerasa, kalo saat itu Allah swt. lagi ngasih pertolongan ke gue lewat guru agama gue.



Ya Allah ..

Ya Allah ..
Ya Allah ..

SUBHANALLAH! SUBHANALLAH! SUBHANALLAH!

ALLAHU AKBAR!

0 cuap cuap pembaca:

Posting Komentar